Evaluasi Loyalitas Pelanggan Dengan RFM dan K-Means Clustering: Studi Kasus Kopi Kenangan MT Haryono 2 Balikpapan

Christofel, Given (2025) Evaluasi Loyalitas Pelanggan Dengan RFM dan K-Means Clustering: Studi Kasus Kopi Kenangan MT Haryono 2 Balikpapan. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
12211035_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (998kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12211035_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (834kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (611kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (676kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
12211035_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12211035_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
12211035_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (876kB) | Request a copy

Abstract

Industri kopi di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan banyaknya kemunculan coffee shop yang berlomba untuk menarik perhatian pelanggan. Salah satu brand ternama yang telah sukses mengembangkan bisnisnya adalah Kopi Kenangan. Salah satu cabang dari brand Kopi Kenangan yaitu bernama Kopi Kenangan MT Haryono 2 Balikpapan, yang dipilih untuk menjadi objek penelitian ini. Untuk tetap bersaing dan mempertahankan loyalitas pelanggan, Kopi Kenangan MT Haryono 2 Balikpapan berusaha sebaik-baiknya guna menarik perhatian konsumen maupun pelanggan, ditambah faktor permasalahan baru yaitu datangnya pesaing baru, yaitu TOMORO COFFEE yang mengakibatkan terjadinya penurunan pendapatan pada Kopi Kenangan MT Haryono 2 Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan metode Recency, Frequency, dan Monetary (RFM) dengan penggabungan algoritma K-means clustering dalam upaya mengelola hubungan pelanggan serta meningkatkan preferensi dan loyalitas pelanggan. Metode RFM digunakan untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan tiga parameter utama, yaitu waktu terakhir pembelian (Recency), frekuensi pembelian (Frequency), dan nilai transaksi (Monetary). K-means clustering digunakan untuk mengklasterisasi jenis-jenis pelanggan ke dalam 5 tingkatan loyalitas yaitu Consumers, Repeat Consumers, Ordinary, Big Company, dan Top Class. Data yang digunakan dalam laporan penelitian ini diperoleh dari Pihak Kopi Kenangan dan kuesioner yang disebarkan kepada pelanggan untuk mengukur tingkat kepuasan mereka dengan indikator utama yaitu terkait RFM. Hasil klasterisasi terhadap 373 responden menghasilkan lima segmen pelanggan, dengan repeating consumers (102 orang) sebagai klaster terbesar yang menunjukkan loyalitas rendah, dan top class (86 orang) sebagai klaster dengan loyalitas tertinggi. Segmentasi tersebar merata dan menunjukkan bahwa strategi peningkatan loyalitas masih diperlukan. Preferensi terbanyak responden adalah menu kopi (316 orang).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Given Christofel
Date Deposited: 08 Jul 2025 07:00
Last Modified: 08 Jul 2025 07:00
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22972

Actions (login required)

View Item View Item