Septiana, Mustika (2025) EVALUASI BISNIS MENGGUNAKAN METODE BMC DAN SWOT PADA BRISCO WEDDING ORGANIZER. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
12211065_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (150kB) |
![]() |
Text
12211065_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (338kB) |
![]() |
Text
12211065_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (382kB) |
![]() |
Text
12211065_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (392kB) |
![]() |
Text
12211065_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (410kB) |
![]() |
Text
12211065_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (379kB) |
![]() |
Text
12211065_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (357kB) |
![]() |
Text
12211065_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (372kB) |
![]() |
Text
12211065_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (333kB) |
![]() |
Text
122111065_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (336kB) |
![]() |
Text
12211065_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (311kB) |
![]() |
Text
12211065_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (461kB) |
![]() |
Text
12211065_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (651kB) |
![]() |
Text
12211065_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (551kB) |
![]() |
Text
12211065_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (870kB) |
![]() |
Text
12211065_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (396kB) |
![]() |
Text
12211065_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (387kB) |
![]() |
Text
12211065_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (2MB) |
![]() |
Text
12211065_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (1MB) |
![]() |
Text
12211065_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (396kB) |
Abstract
Brisco Wedding Organizer merupakan usaha jasa penyelenggara pernikahan yang baru berdiri di Balikpapan dan menghadapi tantangan dalam persaingan industri yang semakin kompetitif, dimana adanya penurunan angka pernikahan pada tahun 2023 yaitu 22.449 pasangan dan banyaknya wedding organizer yang berdiri, oleh karena itu perlu adanya evaluasi bisnis agar wedding organizer dapat menghadapi persaingan dipasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi model bisnis yang diterapkan saat ini serta merumuskan strategi pengembangan yang lebih optimal. Metode yang digunakan adalah Business Model Canvas (BMC) untuk memetakan kondisi bisnis berdasarkan 9 elemen utama, seperti customers segments, value proposition, channels, customers relationships, revenue streams, key resource, key activities, key partnerships, dan cost structure. Selain itu, analisis SWOT digunakan untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari faktor internal maupun eksternal yang mempengaruhi operasional bisnis Brisco Wedding Organizer. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tim internal dan penyebaran kuisioner kepada mitra serta pelanggan. Selanjutnya, dilakukan pengolahan data menggunakan matriks IFE dan EFE guna menentukan bobot dan skor masing-masing faktor SWOT. Hasil perhitungan SWOT didapatkan hasil skor IFE yaitu 4,08 dan hasil skor EFE yaitu 3.034. Berdasarkan hasil skor IFE dan EFE menunjukkan bahwa Brisco Wedding Organizer berada pada kuadran I, yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki keunggulan internal dan dapat memanfaatkan peluang dari lingkungan eksternal. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi strategi yaitu dengan melakukan penambahan mitra seperti influencer lokal, konsultan pernikahan / psikolog, dan marketplace wedding pada blok key partnerships, penambahan kegiatan seperti pelatihan tim internal dan pameran wedding pada blok key activities, penambahan ucapan pascara acara (costum card/ video) pada blok costumer rekationships, penambahan database vendor, aplikasi / website pribadi pada blok key resource, penambahan website dan tiktok pada blok channels, dan penambahan investasi alat, biaya pelatihan tim, dan biaya pemasaran pada blok cost structure, penambahan layanan after sale service pada blok value propositions, penambahan wilayah sekitar Balikpapan pada blok costumer segments, dan penambahan pilihan tambahan eksklusif pada blok revenue streams.. Penelitian ini diharapkan mampu membantu Brisco Wedding Organizer merancang strategi yang efektif dan adaptif terhadap perbahan pasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri |
Depositing User: | Mustika Septiana |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:58 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:58 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |