Khoirul Erfanudin, Erfanudin (2025) Simulasi Bidirectional Flyback DC-DC Converter pada Sistem Charging dan Discharging Baterai Li-ion. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
04211039_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (78kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 5 January 2027. Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (660kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (465kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (966kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (404kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_anstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (394kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (485kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (406kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (189kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (100kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (9MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (717kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (392kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211039_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi baterai saat ini memegang peranan krusial dalam mendukung efisiensi penyimpanan energi, terutama pada aplikasi kendaraan listrik yang membutuhkan sistem manajemen daya yang andal dan efisien. Salah satu tantangan utama adalah pengendalian proses pengisian (charging) dan pengosongan (discharging) baterai li-ion agar tetap optimal pada berbagai kondisi tegangan dan kapasitas. Penelitian ini bertujuan menganalisis performa dan respons sistem bidirectional flyback DC-DC converter dengan metode pengendalian constant voltage (CV) dan variasi duty cycle, khususnya dalam konteks pengisian dan pengosongan baterai li-ion. Simulasi dilakukan menggunakan matlab simulink untuk mengevaluasi pengaruh duty cycle terhadap kestabilan tegangan, arus, serta perubahan state of charge (SOC) pada berbagai level tegangan (3,7 V, 12 V, dan 24 V) dan kapasitas baterai. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem mampu mengontrol tegangan dan arus secara efektif pada tegangan menengah dan tinggi, dengan error tegangan relatif rendah, yaitu 3,83% pada 12 V dan 7,54% pada 24 V, serta overshoot kecil sebesar 0,5% pada mode boost. Namun, pada tegangan rendah 3,7 V, error tegangan meningkat signifikan hingga 29,02% dan efisiensi pengisian menurun pada kapasitas baterai yang besar. Selain itu, perubahan SOC selama proses pengisian dan pengosongan menunjukkan konsistensi dengan karakteristik sistem, meskipun laju pengisian melambat pada kapasitas besar. Secara umum, penggunaan duty cycle konstan 50% pada bidirectional flyback DC-DC converter terbukti efektif untuk aplikasi pada tegangan menengah dan tinggi, namun diperlukan optimasi lebih lanjut pada tegangan rendah dan kapasitas besar untuk meningkatkan efisiensi serta kestabilan sistem penyimpanan energi berbasis baterai.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro |
Depositing User: | Khoirul Erfanudin |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 01:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 01:39 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23340 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |