Putri, Ivana Diva (2025) Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Air Bersih Perumda Tirta Manuntung di Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan - Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
08211033_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (204kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (173kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (229kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (183kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (232kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (212kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (211kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (237kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (153kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (161kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (674kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (356kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (423kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (249kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (232kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (426kB) | Request a copy |
|
|
Text
08211033_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 25 April 2028. Download (214kB) | Request a copy |
Abstract
Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum Kota Balikpapan tahun 2016-2035 menargetkan seluruh wilayah Kota Balikpapan teraliri air bersih. Namun, realitas di lapangan, khususnya di Kecamatan Balikpapan Tengah, menunjukkan adanya kesenjangan yang signifikan antara target tersebut dengan pengalaman masyarakat. Keluhan masyarakat terkait ketidakmerataan distribusi, seperti air yang hanya mengalir pada pukul 18.00 – 00.00 WITA atau bahkan tidak mengalir sama sekali mengidentifikasikan adanya permasalahan. Ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih akibat permasalahan ini dapat menyebabkan kualitas kehidupan masyarakat terganggu (Yuliani & Rahdriawan, 2015). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih Perumda Tirta Manuntung di Kecamatan Balikpapan Tengah serta mengukur tingkat kepuasan tersebut secara kuantitatif. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan desktriptif kuantitatif dengan metode Analytical Hierarcy Process untuk medapatkan faktor-faktor tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih, yang selanjutnya dijadikan input untuk Importance Perfomance Analysis (IPA) dalam menilai tingkat kepuasan masyarakat dengan mengukur sejauh mana kinerja Perumda Tirta Manuntung sesuai dengan ekspektasi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat kesesuaian antara harapan dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan air bersih di Kecamatan Balikpapan Tengah adalah 77,15%, yang mengindikasikan pelayanan masih dalam kategori kurang memuaskan. Kesenjangan terbesar antara harapan dan kepuasan ditemukan pada variabel ketersediaan air selama 24 jam (60,91%) dan debit air yang keluar (63,19%), menjadikannya prioritas utama untuk perbaikan. Sementara itu, satu-satunya aspek di mana kepuasan melebihi harapan adalah pada variabel bau air (111,14%).
| Item Type: | Thesis (Bachelor) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering |
| Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota |
| Depositing User: | Ivana Diva Putri |
| Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:37 |
| Last Modified: | 14 Jul 2025 06:37 |
| URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23824 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
