Abdillah, Andi Asri (2025) PERANCANGAN DAN SIMULASI SISTEM ADAPTIVE CRUISE CONTROL PADA KENDARAAN LISTRIK OTONOM. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
04211008_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (188kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (509kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (613kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (520kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (256kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (259kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (216kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_illustration.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (285kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (244kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (587kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (297kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (263kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (972kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
04211008_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 5 October 2027. Download (119kB) | Request a copy |
Abstract
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi kendaraan listrik dan konsep kendaraan otonom, aspek efisiensi, keamanan, dan kenyamanan berkendara menjadi fokus utama dalam pengembangan sistem kendali cerdas. Salah satu teknologi yang mendukung hal tersebut adalah sistem Adaptive Cruise Control (ACC), yang berfungsi untuk menjaga kecepatan dan jarak aman terhadap kendaraan di depan secara otomatis. Penelitian ini merancang dan menyimulasikan sistem ACC berbasis Fuzzy-PID pada kendaraan listrik otonom menggunakan perangkat lunak MATLAB. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi performa sistem Adaptive Cruise Control (ACC) berbasis Fuzzy-PID dalam menjaga jarak aman dan kestabilan kecepatan kendaraan, serta membandingkannya dengan sistem ACC berbasis PID konvensional. Simulasi dilakukan pada tiga skenario lalu lintas berbeda, yaitu lalu lintas lancar, padat lancar, dan padat, yang mencerminkan variasi kondisi dinamis yang umum terjadi di jalan raya. Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem ACC berbasis Fuzzy-PID mampu mempertahankan jarak aman antar kendaraan secara konsisten dengan rata-rata error yang relatif kecil, baik pada kondisi lalu lintas yang stabil maupun pada kondisi dinamis seperti stop-and-go. Selain itu, respons akselerasi kendaraan menunjukkan pola yang lebih halus dengan fluktuasi yang tidak terlalu tajam, mengindikasikan kenyamanan berkendara yang lebih baik. Dibandingkan dengan kendali PID konvensional, sistem Fuzzy-PID menunjukkan peningkatan performa dalam menjaga jarak aman antar kendaraan berdasarkan analisis nilai rata-rata error jarak. Peningkatan performa tersebut tercatat sebesar 3,57% pada kondisi lalu lintas lancar, 16,67% pada lalu lintas padat lancar, dan 21,05% pada lalu lintas padat. Keunggulan ini mencerminkan kemampuan adaptasi yang lebih baik serta stabilitas kendali yang lebih tinggi dalam menghadapi berbagai variasi kondisi lalu lintas. Dengan demikian, sistem ACC berbasis Fuzzy-PID dinilai lebih unggul dan layak diterapkan sebagai solusi kendali cerdas pada kendaraan listrik otonom.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro |
Depositing User: | Andi Asri Abdillah |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:39 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:39 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |