Analisa Teknis Kekuatan Lentur Kayu Laban Sebagai Material Lambung Kapal Kayu

Muhammad, Fauzan (2025) Analisa Teknis Kekuatan Lentur Kayu Laban Sebagai Material Lambung Kapal Kayu. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09191047_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (288kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191047_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
09191047_presentaation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09191047_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (161kB) | Request a copy

Abstract

Sebagian besar kapal kayu tradisional dibuat oleh pengrajin di galangan kapal tradisional dengan keahlian yang diwariskan secara turun-temurun, termasuk dalam proses penyambungan kayu, konstruksi kapal, dan spesifikasi teknis. Karena itu, kekuatan konstruksi kapal tersebut belum dapat dipastikan memenuhi standar yang berlaku. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan yang sesuai dengan standar dari Biro Klasifikasi Indonesia (BKI). Kulit luar kapal merupakan komponen struktural yang terletak di bagian paling luar badan kapal. Kulit luar ini memanjang searah dengan panjang kapal, mulai dari linggi haluan hingga linggi buritan, baik di sisi kiri maupun kanan lambung kapal. Kulit luar langsung bertumpu pada gading. Fungsi utama kulit luar adalah menahan hempasan air dari luar ke dalam kapal, menahan beban muatan dari dalam ke luar, serta mencegah air masuk ke dalam kapal. Material yang digunakan untuk kulit kapal dalam penelitian ini adalah kayu Laban (Vitex pubescens), yang dianggap mewakili kulit kapal pada kapal tradisional. Sebelum memulai penelitian, terlebih dahulu dilakukan pemenuhan persyaratan kapal kayu berdasarkan acuan BKI Kapal Kayu 2023. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jenis sambungan terhadap kekuatan uji lentur (bending) pada material kulit kapal kayu serta menentukan nilai Modulus of Rupture (MoR) pada konstruksi kulit kapal kayu yang menggunakan kayu Laban dengan sambungan Plain Scarf, Hook Scarf, dan Dowel Joint. Pengujian lentur dilakukan dengan metode uji tekan tiga titik menggunakan standar SNI ISO-3113:2010 yang mengatur tentang penentuan kekuatan maksimum pada lentur statis, dengan variasi jenis sambungan yang diuji yakni Plain Scarf, Hook Scarf, dan Dowel Joint. Berdasarkan hasil pengujian kayu laban dengan uji tekan jenis sambungan dowel memiliki nilai kuat lentur rata-rata 32.20 Kg/cm2, dan termasuk kedalam kelas kuat kayu V, jenis sambungan hook scraf memiliki nilai kuat lentur rata-rata 970,90 Kg/cm2, dan untuk jenis sambungann plain scraf memiliki nilai kuat lentur rata-rata 951,84 Kg/cm2, dan untuk jenis sambungan hook scraf, dan plain scraf termasuk kedalam kelas kuat kayu II sesuai dengan peraturan kapal kayu BKI 2023. Sehingga untuk jenis sambungan yang dapat digunakan sebagai material utama lambung kapal kayu hanya jenis sambungan hook scraf, dan plain scraf yang telah diatur oleh peraturan kapal kayu BKI 2023 bahwa material utama lambung kapal kayu harus termasuk kedalam kelas kuat kayu I-III.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman
Depositing User: Muhammad Fauzan
Date Deposited: 15 Jul 2025 08:10
Last Modified: 15 Jul 2025 08:10
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/24599

Actions (login required)

View Item View Item