STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI GEAR RATIO TERHADAP PERFORMA MOBIL ENGGANG EVO3 PADA PENGUJIAN AKSELERASI

Gandha, Kusuma Win (2020) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI GEAR RATIO TERHADAP PERFORMA MOBIL ENGGANG EVO3 PADA PENGUJIAN AKSELERASI. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
03161033_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161033_abstract_id.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161033_chapter_1.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161033_chapter_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
03161033_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
03161033_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
03161033_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img]
Preview
Text
03161033_bibliography.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dunia otomotif saat ini semakin canggih dengan banyak dilakukannya penelitian tentang mobil listrik. Penelitian mobil listrik ini juga dilakukan oleh para mahasiswa ITK yang tergabung dalam Enggang Electric Vehicle (EV) ITK Team yang dimana telah menciptakan mobil listrik yang diberi nama mobil Enggang Evo. Penelitian tentang mobil listrik di kalangan mahasiswa ini bertujuan untuk mengikuti perlombaan dikancah nasional maupun internasional. Enggang EV ITK Team sudah beberapa kali mengikuti perlombaan, salah satunya adalah pada Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) di Politeknik Negeri Bandung. Pada perlombaan KMLI 2019 memiliki beberapa kategori perlombaan, salah satunya akselerasi. Karena latar belakang tersebut maka akan dilakukan eksperimen terhadap pengaruh variasi gear ratio terhadap performa mobil Enggang Evo3 pada pengujian akselerasi. Analisa ini bertujuan agar mengetahui performa terbaik dari mobil listrik Enggang Evo3 itu sendiri. Metode yang dilakukan saat eksperimen ini adalah dengan cara gear ratio yang divariasikan. Adapun variasi yang digunakan dalam eksperimen ini adalah pada variasi gear ratio 1:4, 1:5 dan 1:6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi gear ratio berpengaruh terhadap waktu tempuh, kecepatan dan percepatan yang dihasilkan mobil listrik Enggang Evo3. Variasi gear ratio 1:4 merupakan variasi dengan performa terbaik atau paling optimal karena pada jarak tempuh 50 meter sesuai dengan regulasi perlombaan KMLI dapat menghasilkan nilai waktu tempuh, kecepatan dan percepatan akhir yang paling besar dibandingkan dengan variasi gear ratio lainnya. Variasi gear ratio 1:4 memiliki nilai waktu tempuh rata-rata sebesar 6.43 detik pada lintasan lurus 50 meter, nilai kecepatan rata-rata sebesar 7.77 ????⁄???? pada lintasan lurus 50 meter dan nilai percepatan rata-rata sebesar 1.20 ???? ???? ⁄ 2 pada lintasan lurus 50 meter sehingga pada mobil listrik Enggang Evo3 menggunakan variasi gear ratio 1:4 merupakan variasi yang paling optimal untuk diterapkan pada perlombaan KMLI di kategori akselerasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:18
Last Modified: 14 Dec 2021 04:09
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item