“SIMULASI PENGARUH PENGGUNAAN WINGLET PADA TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL 3 BLADE PROPELLER DENGAN METODE CFD 3D”

Risaldi, Muhammad (2020) “SIMULASI PENGARUH PENGGUNAAN WINGLET PADA TURBIN ANGIN SUMBU HORIZONTAL 3 BLADE PROPELLER DENGAN METODE CFD 3D”. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
03161049_cover.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161049_abstract_id.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161049_chapter_1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161049_chapter_2.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161049_chapter_3.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
03161049_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
03161049_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img]
Preview
Text
03161049_bibliography.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Turbin angin sumbu horizontal merupakan turbin angin yang dirancang untuk kecepatan angin menengah, sehingga performanya akan turun saat diaplikasikan pada daerah kecepatan angin rendah. Kecepatan angin yang rendah menjadi kendala pemanfaatan turbin angin sumbu horizontal, maka diperlukan optimasi, salah satunya penambahan sayap (winglet) yang dapat meningkatkan performa dengan cara mengurangi induced drag pada ujung blade. Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan winglet jenis upstream dan downstream terhadap performa yang dihasilkan turbin angin. Variasi tinggi winglet yang digunakan adalah 70 mm dan 90 mm pada tip speed ratio 6, 7, dan 8 dengan jenis airfoil NACA 4412. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah simulasi numerik pada turbin angin yang dibuat menggunakan Computational Fluid Dynamics. Kecepatan angin yang digunakan pada simulasi ini adalah 3 m/s. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan adalah turbin angin dengan winglet jenis upstream dengan tinggi winglet 72 mm memiliki nilai koefisien daya (CP) lebih baik dibandingkan turbin angin tanpa winglet dan variasi winglet lainnya. Nilai koefisien daya (CP) berturut-turut pada tip speed ratio (λ) 6, 7, dan 8 meliputi 0.4758, 0.4005, dan 0.2962.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:59
Last Modified: 14 Dec 2021 06:49
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/320

Actions (login required)

View Item View Item