“STUDI PENGARUH SUDUT STEER TERHADAP KECEPATAN BERBELOK PADA MOBIL LISTRIK ENGGANG EVO 3”

Asyrof, Rezar Fauzan (2020) “STUDI PENGARUH SUDUT STEER TERHADAP KECEPATAN BERBELOK PADA MOBIL LISTRIK ENGGANG EVO 3”. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
03161062_COVER.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161062_abstract_id.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161062_chapter_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161062_chapter_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161062_chapter_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
03161062_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
03161062_bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
03161062_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Mobil listrik merupakan kendaraan tanpa emisi yang menjadi alternatif untuk menekan angka polusi udara. Perkembangan mobil listrik menyebabkan para ahli meneliti tentang kendaraan bertenaga listrik, dengan harapan Indonesia mampu mandiri dalam memenuhi kebutuhan dalam persoalan mobilitas dan mampu menciptakan suatu karya yang dapat menyaingi produk luar negeri. Institut Teknologi Kalimantan sudah memulai pengembangan mobil listrik dan berhasil mengikuti Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) tahun 2019 dengan mobil listrik Enggang Evo 3. Setiap tahunnya dilakukan pengembangan pada mobil untuk memaksimalkan performa mobil disetiap perlombaan, namun pada kategori race diperlombaan KMLI 2018 mobil bermasalah pada saat berbelok atau hasil dari waktu tempuh pada saat mobil berbelok tidak seperti yang diharapkan. Sudut steer yang digunakan pada mobil Enggang masih belum tepat untuk kondisi lintasan pada perlombaan karena kendala tersebut maka dilakukan studi pengaruh sudut steer terhadap kecepatan berbelok pada mobil listrik Enggang Evo 3 untuk mengetahui sudut belok mana yang terbaik pada kecepatan dan waktu tempuh mobil enggang evo 3 pada saat berbelok dengan radius belok lintasan yang sudah diketahui pada lintasan perlombaan. Variasi yang digunakan pada penelitian adalah sudut steer 20o , 25o , 30o . Hasil dari penelitian menunjukan bahwa sudut steer terbaik untuk kecepatan dan waktu tempuh adalah sudut steer 20o dengan waktu tempuh 9,70 s dan kecepatan 29,66 km/h. karena semakin kecil sudut steer maka semakin besar kecepatan yang di hasilkan dan semakin besar kecepatan yang dihasilkan maka semakin singkat waktu tempuh yang diperlukan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:22
Last Modified: 14 Dec 2021 04:02
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/325

Actions (login required)

View Item View Item