PERENCANAAN TARIF MODA ANGKUTAN SUNGAI DI KABUPATEN PASER (RUTE : DESA SENAKEN, DESA MUARA PASIR, DAN DESA TANJUNG ARU)

Wibisono, Priyo (2020) PERENCANAAN TARIF MODA ANGKUTAN SUNGAI DI KABUPATEN PASER (RUTE : DESA SENAKEN, DESA MUARA PASIR, DAN DESA TANJUNG ARU). Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstract_id.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
chapter_1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
chapter_2.pdf

Download (698kB) | Preview
[img] Text
chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)

Abstract

Dalam menunjang mengenai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Paser pada sistem prasarana wilayah jaringan transportasi sungai dan penyeberangan di daerah-daerah terpencil dan menghubungkan ke daerah yang sudah berkembang, pemerintah telah menerapkan kebijakan dalam menyediakan sarana angkutan perintis sungai yang menghubungkan daerah-daerah tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan sementara, angkutan penyeberangan transportasi sungai di Kabupaten Paser ini belum beroperasi secara optimal karena beberapa masalah seperti ketetapan tarif yang belum sesuai dengan peraturan penetapan tarif yang berlaku di Indonesia.Penelitian ini menggunakan pendekatan Ability To Pay (ATP), Willingness To Pay (WTP), dan Biaya Operasional Kapal (BOK). Perhitungan Ability To Pay (ATP) menggunakan metode household budget dan Willingness To Pay (WTP) menggunakan metode regresi logistik biner. Hasil dari penelitian ini didapatkan besaran probabilitas tarif penumpang dan tarif kendaraan roda dua pada setiap rute. Rute pertama adalah Senaken - Muara Pasir pada tarifpenumpang, besaran probabilitas berpindahan tertinggi sebesar 85% dan terendah sebesar 3%, maka didapatkan besaran tarif berdasarkan WTP sebesar Rp 15.000 dan waktu tunggu bongkar muat palabuhan selama 30 menit. Sedangkan pada tarif kendaraan roda dua besaran probabilitas berpindahan tertinggi sebesar 85% dan terendah sebesar 3%, maka didapatkan besaran tarif berdasarkan WTP sebesar Rp 30.000 dan waktu tunggu bongkar muat palabuhan selama 30 menit. Selanjutnya, Rute pertama adalah Senaken - Tanjung Aru pada tarif penumpang, besaran probabilitas berpindahan tertinggi sebesar 89% dan terendah sebesar 4%, maka didapatkan besaran tarif berdasarkan WTP sebesar Rp 30.000 dan waktu tunggu bongkar muat palabuhan selama 30 menit. Sedangkan pada tarif kendaraan roda dua besaran probabilitas berpindahan tertinggi sebesar 89% dan terendah sebesar 4%, maka didapatkan besaran tarif berdasarkan WTP sebesar Rp 40.000 dan waktu tunggu bongkar muat palabuhan selama 30 menit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:25
Last Modified: 05 Jul 2021 07:25
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3930

Actions (login required)

View Item View Item