PERANCANGAN CONTROLLED RECTIFIER SATU FASA DENGAN CONTROLLER PID SEBAGAI PENGATUR KECEPATAN MOTOR DC

Sholikhah, Imro’Atus (2019) PERANCANGAN CONTROLLED RECTIFIER SATU FASA DENGAN CONTROLLER PID SEBAGAI PENGATUR KECEPATAN MOTOR DC. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
04151018_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04151018_abstrak_en.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04151018_chapter_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04151018_chapter_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04151018_chapter_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04151018_chapter_4.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Motor DC merupakan salah satu mesin listrik di industri yang membutuhkan sumber DC. Untuk memperoleh tegangan DC yang dapat bervariasi maka diperlukan suatu kontrol penyearah atau controlled rectifier. Controlled rectifier merupakan rangkaian yang mengubah sumber tegangan AC menjadi tegangan DC yang dapat dikendalikan atau diatur. Untuk mendapatkan kecepatan putaran yang diharapkan, maka dibutuhkan sebuah sistem kontrol dengan pengendali salah satunya controller PID. Perancangan rectifier ini dilakukan untuk membuat desain dari fullwave controlled rectifier. Setelah membuat desain dari rectifier kemudian menentukan komponen yang diperlukan. Komponen yang dibutuhkan untuk membuat fullwave controlled rectifier ini adalah SCR, motor DC, sensor kecepatan rotary encoder dan mikrokontroller. Desain sistem dengan kontrol terbaik menggunakan kontrol PID Kp 89, Ki 49 dan Kd 27. Berdasarkan hasil simulasi sistem pada kondisi close loop didapatkan hasil berupa respons transien yang tidak mampu mencapai nilai setpoint yang diberikan. Dari hasil prototype pada saat setpoint 60 Rpm tanpa menggunakan controller, motor tidak dapat mencapai setpoint dengan nilai kecepatan 56,03 Rpm. Prototype dengan setpoint 120 Rpm motor juga tidak dapat mencapai setpoint, dimana kecepatan rata-rata motor 59,55 Rpm. Dari hasil prototype pada saat setpoint 59,4 Rpm dengan menggunakan controller, motor dapat mencapai setpoint dengan nilai kecepatan 59,9 Rpm. Prototype dengan setpoint 120 Rpm motor juga tidak dapat mencapai setpoint, dimana kecepatan rata-rata motor 61,02 Rpm.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 23 Oct 2019 01:03
Last Modified: 14 Dec 2021 03:23
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item