Shidiq, Mohammad Alif (2023) Analisis Pengaruh Penambahan Dimensi Panjang Kapal Tehadap Kekuatan Longitudinal (Studi Kasus Kapal Deck Cargo Barge 17300 DWT). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09181035_cover.pdf Download (193kB) |
|
Text
09181035_ statement_ of_ authenticity.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_ publishing_agreetment.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_approval_sheet.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_preface.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_abstract_id.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181035_ chapter_1.pdf Download (3MB) |
|
Text
09181035_ chapter_2.pdf Download (668kB) |
|
Text
09181035_ chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
09181035_ chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09181035_ conclusion.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181035_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (629kB) | Request a copy |
|
Text
09181035_form020.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
09181035_bibliography.pdf Download (2MB) |
|
Text
09181035_ notation.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_ illustrations.pdf Download (4MB) |
|
Text
09181035_ table_of_content.pdf Download (3MB) |
|
Text
09181035_ tables.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181035_ presentation.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam proses modifikasi penambahan dimensi panjang sebuah kapal tidak hanya aspek ekonomi yang dapat memberikan keuntungan, namun aspek teknis juga penting diperhatikan oleh naval architecture, yaitu kekuatan struktur yang mempertimbangkan kekuatan longitudinal khususnya pada kapal-kapal dengan dimensi panjang di atas 90 meter dapat mudah mengalami kepatahan akibat momen lentur (Bending Moment) pada area parallel middle body. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui respon struktur kapal dengan ukuran panjang eksisting dan kapal yang dimodifikasi dengan penambahan 2 gading hingga 4 gading pada bagian midship section. Metode yang akan digunakan adalah elemen hingga yang dapat disimulasikan dengan software ANSYS Mechanical. Pada penelitian ini didapatkan hasil analisis respon struktur model kapal eksisting dengan nilai tegangan maksimum von misses pada kondisi Sagging pada sebesar 180.913 MPa sedangkan pada kondisi Hogging tegangan 181.530 MPa, nilai tegangan maksimum Normal pada kondisi Sagging sebesar 149.23 MPa sedangkan pada kondisi Hogging sebesar 182.77 MPa, nilai tegangan maksimum Geser pada kondisi Sagging sebesar 63.143 MPa sedangkan pada kondisi Hogging tegangan 77.190 MPa, dan deformasi maksimum pada kondisi Sagging sebesar 11.849 mm sedangkan pada kondisi Hogging sebesar 7.437 mm. Dari hasil analisis respon struktur model variasi 1 dengan penambahan 2 jarak gading nilai tegangan maksimum Von Misses pada kondisi Sagging terjadi peningkatan sebesar 28% dan kondisi Hogging 28%% dari model eksisiting, sedangkan model variasi 2 dengan penambahan 4 jarak gading nilai tegangan maksimum pada kondisi Sagging terjadi peningkatan sebesar 38.6% dan kondisi Hogging 38.5% dari model eksisting.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Mohammad Alif Shidiq |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 08:38 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:38 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19314 |
Actions (login required)
View Item |