STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANUM LAYONG KABUPATEN PASER BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG

Salman, Abd Malik (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA DANUM LAYONG KABUPATEN PASER BERDASARKAN PERSEPSI PENGUNJUNG. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
08151001_cover.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151001_abstract_id.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151001_chapter_1.pdf

Download (782kB) | Preview
[img] Text
08151001_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
08151001_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img] Text
08151001_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
08151001_bibliography.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Objek wisata Danum Layong merupakan wisata alam berupa air panas memiliki daya Tarik pemandangan alam yang asri, selain itu air panasnya tidak hanya mengandung belerang namun juga dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Dari 10 objek wisata unggulan di Kabupaten Paser, telaga air panas Danum Layong adalah wisata alam yang jumlah kunjungan wisatawannya lebih banyak dari pada wisata alam lainya. Namun dalam pengelolaan pariwisatanya belum optimal, masih terdapat kekurangan seperti sarana dan prasarana yang ada belum semuanya terpenuhi dan kurang terawat sehingga berdampak dengan penurunan jumlah wisatawan pada tahun 2015 sampai 2017. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi dari seluruh aspek pariwisata dan mencari tingkat prioritas pengembanganya sehingga dapat merumuskan strategi pengembangan objek wisata. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif, analisis IPA dan teknik analisis SWOT. Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 21 variabel yang berpengaruh terhadap pengembangan objek wisata. Hasil dari temuan penelitian ini perlunya pengembangan dan pemeliharaan seluruh aspek wisata yang ada di objek wisata dan atribut yang menjadi prioritas yaitu, jalan menuju objek wisata, jaringan air bersih, sistem pembuangan air limbah, fasilitas kebersihan dan lahan parkir. Strategi pengembangan objek wisata berupa perbaikan dan pemeliharaan saran dan prasarana yang menjadi prioritas pengembangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:08
Last Modified: 06 Dec 2021 06:32
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/220

Actions (login required)

View Item View Item