“ANALISIS AKTIVITAS HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN PADA KAWASAN KAMPUNG PELAJAR (STUDI KASUS KORIDOR JALAN KAPTEN PIERE TENDEAN KOTA BALIKPAPAN)”

Afsari, Novita Dewi (2020) “ANALISIS AKTIVITAS HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN PADA KAWASAN KAMPUNG PELAJAR (STUDI KASUS KORIDOR JALAN KAPTEN PIERE TENDEAN KOTA BALIKPAPAN)”. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
08151029_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151029_abstract_id.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151029_Chapter 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
08151029_Chapter 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
08151029_Chapter 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img] Text
08151029_Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
08151029_bibliography.pdf

Download (367kB) | Preview

Abstract

Terdapat salah satu istilah atau penyebutan kawasan di Kota Balikpapan sejak tahun 1960-an yaitu Kawasan Kampung Pelajar yang berada di Jalan Kapten Piere Tendean. Kawasan tersebut merupakan pusat pelayanan pendidikan skala kota berdasarkan RTRW Kota Balikpapan Tahun 2012-2032. Terdapatnya kawasan kampung pelajar yang menjadikan pusat pendidikan skala kota di Kelurahan Telaga Sari dan Gunung Sari Ilir ini, menunjukkan aktivitas dalam hal guna lahan, dimana guna lahan di sepanjang jalan Kapten Piere Tendean tersebut terdiri dari pendidikan formal, pendidikan non formal atau lembaga kursus/pelatihan. Selain itu didukung dengan adanya perdagangan dan jasa disekitarnya yang akan memicu tumbuhnya bangkitan maupun tarikan pergerakan. Banyaknya interaksi antar arus lalu lintas dengan aktifitas di pinggir jalan yang berkaitan dengan tata guna lahan di sepanjang jalan yang disebut hambatan samping. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas hambatan samping terhadap kinerja jalan di sepanjang jalan Kapten Piere Tendean. Pada penelitian ini terdapat dua sasaran yaitu pertama menganalisis kinerja jalan dengan menggunakan metode perhitungan kapasitas jalan kemudian menganalisis tingkat pelayanan jalan. Pada sasaran kedua menganalisis pengaruh aktivitas hambatan samping terhadap kinerja jalan dengan metode analisis regresi linier berganda. Setelah dilakukan pengolahan data dan perhitungan dari analisis kapasitas jalan dan derajat kejenuhan didapatkan hasil bahwa kinerja jalan buruk terjadi pada pagi hari dengan kategori tingkat pelayanan D, untuk pada waktu siang dan sore hari rata-rata tingkat pelayanannya C. Lalu dari analisis pengaruh dengan menggunakan regresi linear berganda didapatkan hasil bahwa aktivitas hambatan samping yang berpengaruh terhadap kinerja jalan adalah kendaraan parkir/kendaraan berhenti.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:56
Last Modified: 06 Dec 2021 03:13
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/225

Actions (login required)

View Item View Item