Sambada, Andaya Rizki Tri (2025) Studi Eksperimen Analisis Pengaruh Perbedaan Rasio Sproket Final Drive Terhadap Performa Sepeda Motor Bebek. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
03211010_cover.pdf Download (235kB) |
![]() |
Text
03211010_statement_of_authenticity.pdf Download (220kB) |
![]() |
Text
03211010_publishing_agreement.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
03211010_approval_sheet.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
03211010_preface.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
03211010_abstract_id.pdf Download (257kB) |
![]() |
Text
03211010_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (276kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (236kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (160kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (298kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (600kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (555kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (179kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_bibliography.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
03211010_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
03211010_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (241kB) | Request a copy |
Abstract
Transportasi kendaraan bermotor mengalami perkembangan yang pesat mulai dari sistem kelistrikan, sistem transmisi maupun secara desain dan estetikanya. Perkembangan aspek tersebut mendorong masyarakat menjadikan motor sebagai moda transportasi utama dalam melakukan kegiatan sehari, dilihat pada dari data Korlantas Polri tahun 2024 mencatat kendaraan sepeda motor mencapai 137.350.299 unit. Penggunaan motor akan mengurangi peforma seiring dengan berjalannya waktu. Maka dari itu, merawat serta meningkatkan peforma perlu dilakukan. Dalam hal meningkatkan peforma motor memodifikasi mesin, sistem pengapian, dan sistem kelistrikan. Tetapi modifikasi tersebut memiliki kelemahan yang besar, seperti membutuhkan biaya yang besar dan beresiko besar dalam mengurangi durabilitias mesin motor karena perlu memperhitungkan aspek yang banyak. Akan tetapi pada motor yang memakai sistem transmisi rantai dan sproket, memodifikasi rasio sproket adalah cara termudah dalam meningkatkan peforma motor. Pada penelitian ini dilakukan eksperimen pada motor Yamaha MX KING 150cc dengan memodifikasi rasio sproket dan menguji peforma kendaraan pada mesin dynotest. Rasio pada sproket driver dan driven yang di gunakan adalah rasio standar pabrik yaitu rasio sproket (3), dan rasio yand dimodifikasi rasio (3,23), rasio (3,15), rasio (2,85), dan rasio (2,92). Hasil yang didapatkan pada torsi maksimum dihasilkan oleh rasio (3,23) dengan nilai 15,27 N.m, daya maksimum dihasilkan oleh rasio (2,85) dengan nilai 16,3 HP. Untuk kecepatan maksimum dihasilkan pada rasio (2.85) yang menyentuh angka 106,4 km/h. Sedangkan akselerasi tercepat di hasilkan pada rasio (3,23) dengan nilai 2,40 m/s2. Untuk nilai terkecil konsumsi bahan bakar spesifik di hasilkan oleh rasio (3,23) dengan nilai 0,0631 kg/kWh. Dapat disimpulkan bahwa variasi besar dapat meningkatkan torsi dan akselerasi serta konsumsi bahan bakar spesifik, sedangkan rasio yang besar berpengaruh dalam meningkatkan daya dan kecepatan maksimum.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Andaya Rizki Tri Sambada |
Date Deposited: | 08 Jul 2025 06:05 |
Last Modified: | 08 Jul 2025 06:05 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23061 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |