Silalahi, Jeriko (2025) Analisis Kekuatan Buckling Plat Alas pada Struktur Barge Menggunakan Simulasi Metode Elemen Hingga. Bachelor thesis, Kalimantan Institute of Technology.
![]() |
Text
09211025_cover.pdf.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
09211025_statement_of_authenticity.pdf.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
09211025_publishing_agreement.pdf.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
09211025_approval_sheet.pdf.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
09211025_preface.pdf.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
09211025_abstract_id.pdf.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
09211025_abstract_en.pdf.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (164kB) | Request a copy |
![]() |
Text
09211025_table_of_content.pdf.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
09211025_illustrations.pdf.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
09211025_table_of_content.pdf.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
09211025_illustrations.pdf.pdf Download (135kB) |
![]() |
Text
09211025_tables.pdf.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
09211025_notations.pdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
09211025_chapter_1.pdf.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
09211025_chapter_2.pdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
09211025_chapter_3.pdf.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text
09211025_chapter_4.pdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
09211025_conclusions.pdf.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
09211025_bibliography.pdf.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
09211025_enclosure.pdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
09211025_Form. TA-020.pdf.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text
09211025_presentation.pdf.pdf Download (8MB) |
Abstract
Barge merupakan kapal tanpa sistem propulsi yang dirancang untuk mengangkut muatan berat di perairan, sehingga memerlukan struktur yang kuat dan stabil. Salah satu komponen penting adalah plat alas, yang berfungsi menahan beban tekan dari muatan serta tekanan hidrostatis dari air. Kelemahan pada bagian ini dapat menyebabkan terjadinya tekuk, deformasi atau bahkan kegagalan struktural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan buckling pada plat alas barge dengan memvariasikan ketebalan plat menggunakan simulasi Metode Elemen Hingga pada perangkat lunak ANSYS. Simulasi dilakukan dengan ketebalan plat 12 mm, 10 mm, 8 mm, 6 mm, dan 4 mm. Hasil menunjukkan bahwa plat 12 mm menghasilkan tegangan ekuivalen sebesar 25,24 MPa, dan plat 10 mm sebesar 43,18 MPa keduanya berada jauh di bawah batas tegangan izin sebesar 141 MPa, sehingga dinyatakan layak dan aman. plat 8 mm menunjukkan tegangan 61,45 MPa, plat 6 mm sebesar 78,92 MPa, dan plat 4 mm sebesar 96,37 MPa. Meskipun nilai tegangan tersebut belum melebihi batas izin, namun semakin tipis plat, kecenderungan terhadap buckling dan deformasi meningkat, sehingga dianggap tidak optimal. Secara keseluruhan, peningkatan ketebalan plat terbukti efektif dalam menurunkan tegangan ekuivalen dan deformasi hingga 73,8%. Oleh karena itu, ketebalan 10 mm dan 12 mm direkomendasikan sebagai pilihan desain yang optimal untuk menjamin kekuatan struktural dan efisiensi penggunaan material.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Mr. Jeriko Silalahi |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 08:42 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 08:42 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |