Pamungkas, Septian Tommy (2023) Analisis Pengaruh Kecepatan Kapal Terhadap Aliran Pipa Water Inlet Sistem Pendingin Mesin Utama Pada Kapal Kayu Tradisional. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09181062_ cover.pdf Download (390kB) |
|
Text
09181062_ statement_ of_ authenticity.pdf Download (2MB) |
|
Text
09181062_ publishing_agreetment.pdf Download (2MB) |
|
Text
09181062_approval_sheet.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_preface.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181062_abstract_id.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_ table_of_content.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_ illustrations.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_ tables.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_ chapter_1.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_ chapter_2_.pdf Download (316kB) |
|
Text
09181062_ chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181062_ chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09181062_ conclusion.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181062_bibliography.pdf Download (1MB) |
|
Text
09181062_paper.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181062_form020.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
09181062_presentation.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kapal kayu tradisional itu memanfaatkan kecepatan aliran air ketika beroprasi untuk dimanfaatkan sebagai sistem pendingin mesin utama, Kapal tradisional ini memanfaatkan dorongan aliran air dari propeller dengan menempatkan pipa inlet dalam pendingin mesin utama kapal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pipa inlet berbentuk ellips sebagai pemanfaatan aliran buritan kapal tradisional ini. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh putaran propeller terhadap arus air yang terjadi.dan untuk mengetahui putaran propeller tehadap water inlet pada pipa. Eksperimen numerik diterapkan pada penelitian ini untuk menganalisa aliran Va terhadap debit air pada kecepatan 1 - 9 knot dan menggunakan metode Computational Dynamic Fluid (CFD) untuk menganalisa hasil speed of advance yang optimal untuk menghasilkan kecepatan aliran air tetinggi pada tiap kasus pengujian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pipa inlet terhadap kecepatan Va yang paling optimal yaitu 3,85 m/s. Adapun hasil kecepatan aliran yang dihasilkan pada eksperimen adalah 8,76 m/s pada pipa inlet luar dan 9,25 m/s pada pipa dalam. Dan perbandingan pada pipa inlet dan outlet sebesar 0,5 m/s . Maka, dapat disimpulkan bahwa pengaruh kecepatan aliran kapal terhadap kecepatan Va sangat berpengaruh pada debit air yang dihasilkan. Maka dari itu perbandingan antara kecepatan aliran dengan debit air untuk sistem pendingin sebesar 16,96 %. Saran dari hasil penelitian, Memperdalam pengetahuan terkait jenis konfigurasi yang digunakan dalam analisis simulasi komputasi pada software CFD. Memperbanyak jumlah meshing agar perhitungan semakin akurat Dalam pengambilan data dalam penelitian ini, sebaiknya menggunakan prototipe mesin diesel yang biasa digunakan pada kapal.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Septian Tommy Pamungkas |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 08:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 08:13 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19386 |
Actions (login required)
View Item |