Pengembangan Game Edukasi Jigsaw Puzzle Kebudayaan Indonesia Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle dengan Metode Research and Developmend (R&D)

Mu'tashimah, Rifqah Azzah (2025) Pengembangan Game Edukasi Jigsaw Puzzle Kebudayaan Indonesia Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle dengan Metode Research and Developmend (R&D). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
11211076_cover.pdf

Download (108kB)
[img] Text
11211076_statement_of_authenticity.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11211076_publishing_agreement.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11211076_approval_sheet.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11211076_preface.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11211076_abstract_id.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11211076_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_bibliography.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11211076_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
11211076_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11211076_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Game edukasi merupakan salah satu media pembelajaran interaktif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis jigsaw puzzle yang mengangkat tema kebudayaan Indonesia, sebagai upaya pelestarian budaya melalui media digital yang interaktif dan menyenangkan. Algoritma Fisher-Yates Shuffle digunakan dalam pengembangan permainan ini untuk mengacak susunan 16 keping puzzle secara acak dan merata, sehingga setiap kali permainan dimulai, urutan potongan puzzle selalu berbeda. Proses pengacakan ini membentuk permutasi dari 16 objek, yang berarti terdapat 16! atau sekitar 20.922.789.888.000 kemungkinan susunan unik yang dapat dihasilkan. Meskipun secara teori susunan yang sama dapat muncul kembali, peluangnya sangat kecil, yaitu sekitar 1 banding 20 triliun, sehingga hampir tidak mungkin terjadi dalam praktik. Hal ini memungkinkan pengalaman bermain yang dinamis dan menantang pada setiap sesi. Metode pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Evaluasi sumatif dilakukan dengan melibatkan 90 siswa/i SDN 009 Balikpapan Barat. Hasil pre-test menunjukkan rata-rata skor 48,33 dan meningkat menjadi 94,78 pada posttest, dengan selisih 46,444 poin. Uji statistik menggunakan Paired Sample t-Test menghasilkan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05), yang menunjukkan bahwa peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Selain itu, hasil beta testing menunjukkan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi terhadap tampilan, navigasi, dan konten edukatif dalam game. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa algoritma Fisher-Yates Shuffle berhasil diterapkan dalam membangun game edukasi yang dinamis, serta game ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman budaya Indonesia pada generasi muda dan layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif. Kata kunci: Game Edukasi, Jigsaw Puzzle, Kebudayaan Indonesia, Fisher-Yates Shuffle, ADDIE, R&D.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Informatika
Depositing User: Rifqah Azzah
Date Deposited: 10 Jul 2025 02:36
Last Modified: 10 Jul 2025 02:36
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item