ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UMKM KAMPOENG TIMOER DENGAN METODE EPIC MODEL - Submit Jurnal

Yulianti, Alvina Dana (2025) ANALISIS EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UMKM KAMPOENG TIMOER DENGAN METODE EPIC MODEL - Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10211012_cover.pdf

Download (228kB)
[img] Text
10211012_statement_of_authenticity.pdf

Download (345kB)
[img] Text
10211012_publishing_agreement.pdf

Download (510kB)
[img] Text
10211012_approval_sheet.pdf

Download (343kB)
[img] Text
10211012_preface.pdf

Download (584kB)
[img] Text
10211012_abstract_id.pdf

Download (489kB)
[img] Text
10211012_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (732kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10211012_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_bibliography.pdf

Download (437kB)
[img] Text
10211012_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (672kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (918kB) | Request a copy
[img] Text
10211012_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
10211012_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Media sosial memiliki peranan penting bagi pelaku usaha dalam mempromosikan produk atau layanan. Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling potensial dalam dunia bisnis. Kampoeng Timoer adalah umkm yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai alat untuk mendukung pemasaran. Tujuan Kampoeng Timoer menggunakan Instagram adalah untuk menarik perhatian masyarakat terhadap merek dan produk mereka serta menunjukkan bahwa akun ini benar-benar sebagai pusat industri seafood dan oleh-oleh khas Balikpapan. Akun instagram @Kampoengtimoer.id aktif sejak tahun 2016 dan memiliki 21.300 pengikut, namun diketahui interaksi dan insight pada akun @kampoengtimoer.id tergolong rendah. Hal itu terlihat dari rendahnya like, komen dan share pada tiap postingan promosi di akun instagram @Kampoengtimoer.id. Selain itu, banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut sehingga perlu dilakukan analisis efektivitas promosi Kampoeng Timoer melalui media sosial instagram. Analisis ini menggunakan metode Epic Model (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication). Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden, yang terdiri dari 18 pernyataan mewakili masing-masing dimensi EPIC. Hasil analisis menunjukkan seluruh dimensi mendapatkan skor rata-rata yang termasuk dalam kategori "sangat efektif", yaitu: Empathy (3,42), Persuasion (3,41), Impact (3,30), dan Communication (3,41). Efektivitas promosi melalui akun Instagram @kampoengtimoer.id mencapai nilai rata-rata 3,39, yang dikategorikan sebagai sangat efektif. Hasil data divisualisasikan menggunakan Power BI dalam bentuk dashboard interaktif. Dashboard ini terdiri dari enam halaman utama, yaitu: halaman Beranda, halaman untuk setiap dimensi EPIC dan halaman Insight instagram. Setiap halaman menampilkan rata-rata dimensi, tingkat efektivitasnya, serta detail rata-rata tiap pernyataan dalam dimensi tersebut. Berdasarkan hasil analisis, diberikan rekomendasi strategis yang relevan dengan dimensi yang diteliti, dengan harapan rekomendasi ini dapat meningkatkan efektivitas promosi di masa mendatang dan mendorong pertumbuhan interaksi pelanggan Kampoeng Timoer.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: alvinadana alvina yulianti
Date Deposited: 10 Jul 2025 01:28
Last Modified: 10 Jul 2025 01:28
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23626

Actions (login required)

View Item View Item