Studi Crowdsourcing Pola Kemacetan Terhadap Jaringan Jalan di Kota Samarinda-Submit Jurnal

Ednolian, Muhammad Fadhillah Nabhan (2025) Studi Crowdsourcing Pola Kemacetan Terhadap Jaringan Jalan di Kota Samarinda-Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
08211047_cover.pdf

Download (115kB)
[img] Text
08211047_statement_of_authencity.pdf

Download (809kB)
[img] Text
08211047_publishing_agreement.pdf

Download (756kB)
[img] Text
08211047_approval_sheet.pdf

Download (753kB)
[img] Text
08211047_preface.pdf

Download (352kB)
[img] Text
08211047_abstract_id.pdf

Download (302kB)
[img] Text
08211047_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
08211047_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text
08211047_illustration.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
08211047_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
08211047_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text
08211047_bibliohraphy.pdf

Download (389kB)
[img] Text
08211047_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
08211047_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (171kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis kemacetan lalu lintas di Kota Samarinda dengan memanfaatkan pendekatan crowdsourcing berbasis data real-time dari Google Maps untuk mengidentifikasi pola dan faktor penyebab kemacetan. Penelitian ini mengkaji hubungan antara karakteristik jaringan jalan, seperti hierarki jalan, lebar badan jalan, dan persimpangan, terhadap tingkat kepadatan lalu lintas di berbagai ruas jalan kota. Pendekatan kuantitatif deskriptif digunakan dengan pengumpulan data sekunder melalui Google Maps API, yang diolah menggunakan perangkat lunak ArcGIS untuk menghasilkan peta hotspot kemacetan dengan metode analisis spasial Getis-Ord Gi. Hasil penelitian ini yaitu dapat diketahui bahwa pada Tanggal 5 Mei hingga 11 Mei 2025 bahwa kemacetan paling banyak terjadi di Jalan Samarinda Bontang. Selain itu, diketahui bahwa persimpangan merupakan variabel yang paling berpengaruh signifikan terhadap kemacetan. Berdasarkan hasil analisis tersebut didapatkan rekomendasi perbaikan jaringan jalan dan manajemen persimpangan untuk mengurai kemacetan di Kota Samarinda. Selain itu, penelitian ini memperkaya wawasan akademik dalam bidang perencanaan kota dengan mengeksplorasi potensi teknologi crowdsourcing sebagai alat pengumpulan data yang efisien untuk mendukung kebijakan transportasi yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Muhammad Fadhillah Ednolian
Date Deposited: 11 Jul 2025 01:15
Last Modified: 11 Jul 2025 01:15
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item