Pengembangan Level Permainan Slimy Dungeon Menggunakan Procedural Content Generation

Rafliadi, Muhammad (2025) Pengembangan Level Permainan Slimy Dungeon Menggunakan Procedural Content Generation. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
11191052_cover.pdf

Download (227kB)
[img] Text
11191052_statement_of_authenticity.pdf

Download (264kB)
[img] Text
11191052_publishing_agreement.pdf

Download (451kB)
[img] Text
11191052_approval_sheet.pdf

Download (353kB)
[img] Text
11191052_preface.pdf

Download (288kB)
[img] Text
11191052_abstract_id.pdf

Download (303kB)
[img] Text
11191052_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11191052_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11191052_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11191052_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_bibliography.pdf

Download (472kB)
[img] Text
11191052_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
11191052_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
11191052_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Permainan video dengan genre stealth adalah permainan yang berfokus pada penghindaran deteksi oleh musuh sebagai mekanik utama permainan. Pengembangan permainan stealth memerlukan desain level yang kompleks dan tidak linier untuk mendukung eksplorasi serta strategi penghindaran deteksi musuh. Namun, produksi konten level secara manual membutuhkan waktu dan sumber daya yang tidak sedikit. Procedural Content Generation (PCG) bisa menjadi solusi dalam menghasilkan konten secara otomatis menggunakan algoritma, baik secara penuh maupun semi-otomatis. Tetapi, algoritma PCG telah banyak berfokus pada permainan dengan genre platformer, roguelike, dan role-playing game, sedangkan yang berfokus pada desain level genre stealth masih terbatas. Guna menjawab tantangan tersebut, penelitian ini merancang algoritma PCG yang memadukan pendekatan Generate-and-Test dan Cyclic Generation untuk menghasilkan level permainan secara otomatis dalam permainan Slimy Dungeon. Algoritma dirancang untuk menghasilkan struktur level yang tidak linier, kompleks, dan memenuhi desain level stealth. Implementasi algoritma dilakukan menggunakan Unity Engine, dengan evaluasi dilakukan melalui pengujian berbasis test case untuk menilai kesesuaian struktur level yang dihasilkan terhadap desain level stealth. Pengujian dilakukan terhadap 20 sampel level dengan tiga kriteria utama, yaitu level dapat diselesaikan (playable), memiliki struktur loop, dan jalur alternatif. Seluruh level playable dengan variasi pada kompleksitas jumlah jalur loop dan jalur alternatif. Rata-rata waktu eksekusi algoritma sebesar 10,5 milidetik menunjukkan performa yang efisien. Hasil ini menunjukkan bahwa algoritma yang dirancang mampu menghasilkan level stealth secara otomatis dengan struktur yang sesuai, meskipun konsistensinya masih dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Informatika
Depositing User: Muhammad Rafliadi
Date Deposited: 18 Jul 2025 07:28
Last Modified: 18 Jul 2025 07:28
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/24676

Actions (login required)

View Item View Item