Anggoro, Rizky Bobby (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR TRADISIONAL WARU DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA BERDASARKAN TINGKAT KENYAMANAN BERBELANJA KONSUMEN. Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.
|
Text
08161070_cover.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
08161070_abstract_id.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
08161070_chapter_1.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
08161070_chapter_2.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
08161070_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
||
Text
08161070_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
08161070_bibliography.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian terkait infrastruktur kota dengan fokus pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan pasar tradisional di Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara berdasarkan kenyamanan berbelanja konsumen. Pasar Waru merupakan pasar satu – satunya di Kecamatan Waru. Pasar Waru memiliki beberapa permasalahan yang dinilai dapat mempengaruhi kenyamanan konsumen untuk berbelanja, seperti permasalahan ruang gerak konsumen yang sempit, bau yang kurang sedap akibat dari kebersihan Pasar Waru yang rendah, kondisi beberapa koridor pasar yang terdapat genangan ketika hujan, dan beberapa fasilitas pendukung yang tidak berfungsi. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis AHP, Skala Likert, dan SWOT IFAS EFAS. Terdapat 7 faktor internal prioritas yang mempengaruhi kenyamanan, yaitu keamanan pasar, pencahayaan pasar, kemudahan mobilitas konsumen, kebersihan pasar, kebersihan kios pedagang, keleluasaan konsumen bermobilitas, dan aroma di dalam pasar, dan 6 faktor eksternal prioritas yang mempengaruhi kenyamanan berbelanja di Pasar Waru, yaitu kemudahan mendapatkan harga murah, ketelitian pedagang, letak pasar terhadap tempat tinggal, kebisingan dari luar pasar, durasi operasional, dan gangguan curah hujan. Berdasarkan faktor internal, konsumen merasa cukup nyaman berbelanja di Pasar Waru dengan persentase 53,3% dan berdasarkan faktor eksternal konsumen merasa nyaman dengan persentase 62,2%. Dan terdapat 2 strategi pengembangan untuk Pasar Waru, yaitu penyediaan bak sampah tertutup serta saluran pengolahan limbah ikan dan renovasi bangunan pasar.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 06:40 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 06:40 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3977 |
Actions (login required)
View Item |