ANALISIS AERODINAMIKA AIRFOIL PADA PESAWAT UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) TAIL TWIN BOOM DENGAN TIPE NACA 2412 DAN NACA 4415 MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

Nobellardo A.P, Teknik Mesin (2021) ANALISIS AERODINAMIKA AIRFOIL PADA PESAWAT UNMANNED AERIAL VEHICLE (UAV) TAIL TWIN BOOM DENGAN TIPE NACA 2412 DAN NACA 4415 MENGGUNAKAN SOFTWARE BERBASIS COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
03161053_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
03161053_bibliography.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161053_chapter_1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161053_chapter_2.pdf

Download (555kB) | Preview
[img] Text
03161053_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
03161053_chapter_4.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text
03161053_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
03161053_Cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
03161053_form020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
03161053_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
03161053_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy

Abstract

Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah pesawat udara tanpa awak atau pesawat yang dikontrol dengan remot dari jarak jauh menggunakan radio kontrol yang mampu menerbangkan pesawat secara otomatis. Perencanaan rancangan yang sempurna merupakan kunci keberhasilan dari pesawat UAV mengudara, salah satu bentuk perancangan pesawat yaitu airfoil yang merupakan kunci dari pesawat mendapatkan gaya angkat (lift) untuk membuat pesawat dapat mengudara keatas dengan kecepatan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan karakteristik aerodinamika pada pesawat UAV jenis tail twin boom. Tail twin boom merupakan pesawat tanpa awak yang memiliki sayap high wing dengan ekor vertikal yang terpasang dengan dua batang seperti twin boom. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan tipe airfoil yaitu NACA 2412 dan NACA 4415 untuk mengetahui aerodinamika pada airfoil pesawat tail twin boom. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan simulasi berbasis Computational Fluid Dynamic. Variabel kontrol pada penelitian ini berupa kecepatan pesawat, temperature udara, massa jenis udara, viskositas udara dan untuk variabel independen yaitu variasi sudut serang dan tipe airfoil. Simulasi dilakukan menggunakan tipe airfoil NACA 2412 dan NACA 4415 didapatkan karakteristik visualisasi dari kontur kecepatan terlihat pelebaran stagnasi serta mempercepat terjadi separasi dan visualisasi dari kontur tekanan permukaan atas airfoil lebih rendah dari permukaan bawah airfoil seiring bertambahnya sudut serang. Nilai coefficient lift dari NACA 2412 pada sudut serang 0o yaitu 0,04 lebih kecil dari NACA 4415 yaitu 0,1, sedangkan nilai coefficient lift tertinggi pada NACA 2412 terjadi pada sudut serang sudut serang 15o yaitu 0,77 sedangkan pada NACA 4415 nilai coefficient lift tertinggi terjadi pada sudut serang 20o yaitu 0,71 dan nilai coefficient drag dari kedua airfoil NACA 2412 dan NACA 4415 bertambah seiring peningkatan sudut serang.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Nobellardo Putra
Date Deposited: 30 Jul 2021 02:27
Last Modified: 02 Aug 2021 09:09
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/4138

Actions (login required)

View Item View Item