STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN SEMAYANG BALIKPAPAN

Handayani, Safira Resti (2020) STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PELABUHAN SEMAYANG BALIKPAPAN. Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
08161073_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08161073_abstract_id.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
08161073_chapter_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
08161073_chapter_2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
08161073_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
08161073_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
08161073_approval_sheet.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelabuhan Semayang menjadi salah satu pintu gerbang bagi masyarakat luar yang akan masuk ke Kota Balikpapan dan menjadi pelabuhan tersibuk di Kota Balikpapan. Untuk meningkatkan kepuasan penumpang, perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan sehingga dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pelabuhan Semayang. Dalam penelitian ini terdapat 3 sasaran yang ingin dicapai, yaitu (1) mengetahui faktor prioritas yang mempengaruhi tingkat kepuasan penumpang, (2) mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan Pelabuhan Semayang, (3) menyusun strategi peningkatan kualitas pelayanan Pelabuhan Semayang Balikpapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical Hierarchy Process (AHP), Customer Satisfaction Index (CSI), dan Strengths, Weakness, Opportunities, Treaths (SWOT). Berdasarkan analisis AHP didapatkan hierarki faktor prioritas yang mempengaruhi tingkat kepuasan penumpang yaitu faktor keselamatan, kenyamanan, keamanan dan ketertiban, kemudahan/keterjangkauan, kesetaraan, dan kehandalan. Berdasarkan faktor prioritas tersebut dilakukan penilaian terhadap kinerja pelayanannya dengan menggunakan CSI, didapatkan nilai tingkat kepuasan penumpang secara keseluruhan sebesar 66,374% hal ini menunjukkan bahwa penumpang merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan oleh pengelola pelabuhan. Sehingga dilakukan penyusunan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pelabuhan Semayang dengan menggunakan metode analisis Strengths, Weakness,Opportunities, Treaths (SWOT) dan didapatkan sebanyak 14 strategi alternatif.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 16 Jul 2021 06:58
Last Modified: 16 Jul 2021 06:58
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3979

Actions (login required)

View Item View Item