Analisis Kekuatan Struktur Kapal Terhadap Peletakan Airbag pada Persiapan Peluncuran

Gonawan, Christian Hendra (2021) Analisis Kekuatan Struktur Kapal Terhadap Peletakan Airbag pada Persiapan Peluncuran. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
09171021_abstract_en.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_abstract_id.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_approval_sheet-2.pdf

Download (581kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_bibliography.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_chapter 1.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_chapter_2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_chapter_3.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_conclusions.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_cover.pdf

Download (803kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_form020.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_enclosure.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_illustrations.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_notations.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_persentation.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_preface.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Image
09171021_statement_of_authenticity.jpg

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_publishing_agreement.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_table_of_content.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_tables.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_paper.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
09171021_chapter4.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Teknologi peluncuran / undocking kapal semakin berkembang untuk mencapai efisiensi secara ekonomis, waktu, keamanan dan fleksibel dengan menggunakan media airbag pada peluncuran end launching. Namun, risiko pada proses peluncuran kapal menggunakan airbag masih dan dapat terjadi, salah satunya risiko meledaknya airbag akibat tekanan berlebih atau tidak mampu menahan beban serta kegagalan struktur untuk menahan airbag sebagai tumpuan. Disamping itu, tekanan yang diberikan airbag menjadi tegangan pada struktur kapal yang dapat menyebabkan deformasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tekanan airbag terhadap kekuatan struktur kapal serta deformasi-deformasi yang dapat terjadi pada setiap variasi peletakan airbag. Penelitian ini menggunakan software berbasis elemen hingga untuk menganalisis tegangan dan deformasi pada konstruksi kapal akibat tumpuan airbag. Dari penelitian ini didapatkan jumlah airbag yang digunakan pada layout two row dan cross over arragement adalah 14 buah dengan status airbag terhadap distribusi pembebanan adalah aman (tidak pecah). Hasil nilai tegangan maksimum yang didapatkan dari simulasi pada layout two row arragement model 1 dan 2 adalah bernilai 11.62 MPa dan 9.8347 MPa serta pada layout cross over arragement model 1 dan 2 didapatkan tegangan maksimum bernilai 20.247 MPa dan 13.846 MPa setelah dilakukan perbandingan dengan nilai tegangan yield material menurut BKI Vol II 2019 Sec 4 B 6.5, konstruksi kapal masih dalam keadaan memenuhi atau dibawah tegangan yang dijinkan. Besar nilai deformasi maksimum yang dihasilkan pada layout two row dan cross over arragement masih dibawah deformasi ijin BKI Vol II 2019 Sec. 3 F 3.1 yaitu 0.548 mm dan 0.68533 mm. Nilai safety factor terkecil untuk layout two row arragement adalah 30 dan layout cross over arragement adalah 16. Kata Kunci: Airbag, Barge, Peluncuran, Tegangan, Deformasi

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Depositing User: Christian Hendra Gonawan
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:54
Last Modified: 02 Aug 2021 02:54
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17338

Actions (login required)

View Item View Item