Ramang, Arya (2021) Analisis Proses Pengelasan Pada Replating Kapal Baja Di PT. Asia Adhitma Shipyard. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
|
Text
09171017_abstract_en.pdf Download (578kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_abstract_id.pdf Download (518kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_approval_sheet.pdf Download (382kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_bibliography.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_chapter_1.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_chapter_2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
09171017_chapter_3.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_chapter_4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
09171017_conclusions.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_cover.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_enclosure.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_form.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_illustrations.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_notations.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_preface.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_presentation.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
09171017_publishing_agreement.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_statement_of_authenticity.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_table_of_content.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
09171017_tables.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Dalam dunia manufaktur yang berhubungan dengan konstruksi baja umumnya menggunakan teknologi las. Las dapat digunakan sebagai cara untuk menyembung dan memotong. PT. Asia Adhitama Shipyard merupakan galangan kapal yang bergerak di bisnis bangunan baru dan reparasi kapal. Galangan ini mengerjakan kapal kapal baja. Pada reparasi kapal baja kadang terjadi cacat las pada pekerjaan replating plat lambung. Padahal las seharusnya sudah dilakukan sesuai dengan welding procedure specification (WPS). Kasus ini menimbulkan pertanyaan sebenarnya apa yang menyebabkan terjadinya cacat las yang berbahaya pada lasan dan bagaimana mencegahnya. Adapun kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian kali ini adalah. Proses pengelasan yang dilakukan belum sesuai dengan WPS.Cacat las yang berbahaya telah ditemukan di lapangan, yaitu cacat las Undercut dan Pinhole/Porocity. Dimana cacat las tersebut memiliki pengaruh yang besar pada kekuatan dan ketahanan konstruksi kapal. adapun Saran yang dapat diberikan ke perusahaan untuk mencegah cacat las yang berbahaya tersebut adalah dengan melakukan pengelasan sesuai dengan yang dianjurkan WPS, memperhatikan kebersihan material yang akan dilas dan menggunakan Arc Voltage sesuai dengan yang dianjurkan WPS.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Unnamed user with email 09171017@student.itk.ac.id |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 03:58 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 03:58 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17496 |
Actions (login required)
View Item |