ANALISIS KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DENGAN METODE E-GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Syamtah, Putri Permata Sari (2025) ANALISIS KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH KOTA BALIKPAPAN DENGAN METODE E-GOVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10201072_cover.pdf.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10201072_approval_sheet.pdf.pdf

Download (449kB)
[img] Text
10201072_statement_of_authenticity.pdf.pdf

Download (472kB)
[img] Text
10201072_bibliography.pdf.pdf

Download (597kB)
[img] Text
10201072_preface.pdf.pdf

Download (280kB)
[img] Text
10201072_publishing_agreement.pdf.pdf

Download (104kB)
[img] Text
10201072_abstract_id.pdf.pdf

Download (168kB)
[img] Text
10201072_abstract_en.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_table_of_content.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_illustrations.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_tables.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_chapter_1.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_chapter_2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
10201072_chapter_3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10201072_chapter_4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10201072_conclusions.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_enclosure.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
10201072_presentation.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
10201072_form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
10201072_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (526kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Kota Balikpapan bersama DISKOMINFO Kota Balikpapan mengelola website pemerintah Kota Balikpapan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang Pemerintahan Kota Balikpapan. Terdapat aspek pada website pemerintah Kota Balikpapan yang dinilai belum memadai memadai dari segi kualitas dan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan dari pemerintah Kota Balikpapan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dari website pemerintah Kota Balikpapan dengan menggunakan metode E-GovQual dan metode Importance Performance Analysis (IPA). E-GovQual merupakan metode yang digunakan untuk mengukur kualitas sistem informasi berbasis elektronik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan 4 dimensi. IPA adalah metode analisis data yang dapat menguji tingkat kualitas layanan apakah kinerja dan harapan pengguna terhadap e-government dengan harapan dapat membuat layanan pemerintah menjadi lebih baik ke depannya. Diketahui hasil perhitungan analisis tingkat kesesuaian secara total sebesar 79% yang menunjukkan bahwa website pemerintah kota Balikpapan belum memenuhi harapan pengguna. Kemudian hasil analisis kuadran IPA menunjukkan terdapat 8 indikator yang perlu menjadi prioritas perbaikan yaitu indikator “E1” mengenai efektivitas mesin pencari, “E4” mengenai struktur website, “T1” mengenai Keamanan informasi pribadi, “T2” mengenai data pribadi yang hanya diperlukan dalam website hanya untuk otentikasi, “T3” mengenai data yang diberikan oleh pengguna kepada website diarsipkan dengan baik, “CS2” mengenai pengelola website memberikan balasan yang cepat terhadap pertanyaan pengguna, “CS3” mengenai pengelola memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjawab pertanyaan pengguna, dan “CS4” mengenai pengelola memiliki kemampuan untuk menyampaikan layanan dengan kepercayaan dan keyakinan. Kemudian terdapat indikator yang perlu dipertahankan (Kuadran 2) yaitu “E6” mengenai navigasi website pemerintah kota Balikpapan bekerja dengan baik, “R1” mengenai file atau formulir pada website pemerintah kota Balikpapan dapat diunduh dalam waktu singkat, “R4” mengenai layanan yang diberikan website pemerintah kota Balikpapan, dan “R6” mengenai website pemerintah kota Balikpapan dapat diakses menggunakan perangkat apapun.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Putri Permata Sari Syamtah
Date Deposited: 15 Jan 2025 05:17
Last Modified: 15 Jan 2025 05:17
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22149

Actions (login required)

View Item View Item