Perancangan Permainan Edukasi Dengan Menerapkan Large Language Model Berbasis OpenAI GPT 3.5 Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle

Sulthan, Adhya Adam (2025) Perancangan Permainan Edukasi Dengan Menerapkan Large Language Model Berbasis OpenAI GPT 3.5 Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
11191003_cover.pdf

Download (186kB)
[img] Text
11191003_statement_of_authenticity.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11191003_publishing_agreement.pdf

Download (316kB)
[img] Text
11191003_approval_sheet.pdf

Download (917kB)
[img] Text
11191003_preface.pdf

Download (200kB)
[img] Text
11191003_abstract_id.pdf

Download (254kB)
[img] Text
11191003_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
11191003_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_bibliography.pdf

Download (249kB)
[img] Text
11191003_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (578kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
11191003_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
11191003_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 April 2027.

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

ChatGPT merupakan suatu teknologi generative AI yang sangat banyak diperbincangkan saat ini. Large language model yang dikembangkan oleh OpenAI ini mendapat banyak perhatian terutama dikalangan guru dan pengajar dikarenakan besarnya angka penyalahgunaan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi large language model ke dalam suatu permainan sehingga kemampuannya dalam memperoleh dan mengolah informasi dapat diterapkan dalam suatu media interaktif yang menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil tingkat kepuasan pengguna berdasarkan metode penilaian CSAT (Customer Satisfaction Score) dan juga mengetahui lama waktu pengguna rata-rata memainkan permainan selama sesi evaluasi berlangsung. Permainan dikembangkan dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) menggunakan Godot Engine. Permainan dievaluasi oleh 40 mahasiswa program studi Informatika Institut Teknologi Kalimantan pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Hasil dari evaluasi yang dilakukan terhadap mahasiswa tersebut ialah nilai kepuasan yang diambil dari nilai rata-rata delapan kategori pengujian yang menunjukkan bahwa pengguna memberikan evaluasi terhadap permainan dengan nilai sebesar 80,37% yang dimana berdasarkan metode penilaian CSAT nilai tersebut tergolong “baik”. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan juga menunjukkan bahwa waktu rata-rata yang dihabiskan dalam permainan sebelum pengguna mengisi kuesioner evaluasi adalah sebesar 5,8 menit per individu. Output dari penelitian ini dapat memberikan gambaran garis besar mengenai penerapan large language model di dalam permainan digital dengan berbagai genre.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Informatika
Depositing User: Adhya Adam Sulthan
Date Deposited: 22 Jan 2025 05:11
Last Modified: 22 Jan 2025 05:11
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item