Zulaikah, Eny Lailatul (2025) EVALUASI PROSES BISNIS DAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PADA BAGIAN INTERNAL LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN - EVALUASI PROSES BISNIS PENELITIAN PENGABDIAN MASYARAKAT INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
10211028_cover.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
10211028_statement_of_authenticity.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
10211028_publishing_agreement.pdf Download (122kB) |
![]() |
Text
10211028_approval_sheet.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
10211028_preface.pdf Download (583kB) |
![]() |
Text
10211028_abstract_id.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
10211028_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (586kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (566kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (490kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (544kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_chapter 1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (715kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_chapter 2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_chapter 3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (628kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_chapter 4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (585kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_bibliography.pdf Download (560kB) |
![]() |
Text
10211028_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (709kB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
10211028_form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 October 2027. Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Kalimantan (ITK) memiliki peran strategis dalam mendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Namun, proses bisnis dan Standar Operasional Prosedur (SOP) di LPPM ITK belum diperbarui sejak 2021, sehingga tidak sesuai dengan regulasi terkini dan berdampak pada efisiensi operasional, terutama dalam mendukung transformasi ITK menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memodelkan ulang proses bisnis LPPM serta memperbarui SOP dengan mengacu pada PERMENPAN RB Nomor 19 Tahun 2018 tentang penyusunan peta proses bisnis dan PERMENPAN RB Nomor 35 Tahun 2012 mengenai SOP administrasi pemerintahan. Menggunakan pendekatan Business Process Management (BPM), penelitian ini meliputi tahapan identifikasi masalah, pengembangan proses bisnis, penilaian kebutuhan, serta pengembangan dan verifikasi SOP. Hasil penelitian ini menghasilkan 73 proses bisnis yang dipetakan pada level 0, level 1, level 2 dan level 3 dengan menggunakan notasi BPMN, yang kemudian diverifikasi untuk memastikan kesesuaian dengan kebutuhan organisasi. Proses bisnis ini dilanjutkan dengan penyusunan 73 SOP yang telah untuk memastikan kebenarannya oleh pemilik proses. Penilaian tingkat kematangan proses bisnis menunjukkan bahwa LPPM ITK berada pada level kematangan level 1 (Initial or ad-hoc), yang menandakan perlunya perbaikan lebih lanjut pada dokumentasi alur proses untuk mencapai efisiensi operasional. Rekomendasi yang dihasilkan bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan efisiensi internal LPPM ITK, serta mempersiapkan organisasi untuk transisi menuju BLU dengan standar yang lebih optimal. Kata kunci: Business Process Management, BLU Maturity Rating, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, PERMENPAN RB, Proses bisnis, Standar Operasional Prosedur.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Eny Lailatul Zulaikah |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 00:13 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 00:13 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |